Tuesday, September 29, 2009

AL-WASI' ( Yang maha Luas)

Kata Wasi' mempunyai makna kaya, mampu, luas, meliputi dan langkah panjang. Dalam Al-Qur'an, banyak ayat-ayat yang menerangkan tentang hal tersebut. Kesemua artinya menerangkan tentang sifat Allah. Salah satunya terdapat dalam firman Allah dalam surat-Nya jyang artinya :

kepunyaan Allah barat dan timur,
maka kemanapun kamu menghadap disitulah wajah Allah,
sesungguhnya Allah maha luas dan mengetahui.
(QS. Al-Baqorah:155).

Dalam kontek ayat ini, Allah memberikan izin untuk mengarahkan kemana saja shalat bila sedang melakukan perjalanan. Allah al-Wasi' artinya keluasan Allah tanpa batas. Pengetahuan-Nya, rahmat-Nya, kekuasaan-Nya, kemurahan-Nya, dan semua sifat-sifat yang indah tidak terbatas dengan waktu dan ruang. Al-Wasi' juga dapat siartikan bahwa Allah Maha Memberi keluasaan tidak bertepi. Bahkan orang-orang dzalim yang banyak melakukan perbuatan dosa tetap Dia beri. Dengan sifat al-Wasi', kedurhakaan orang-orang dzalim itu laksana setitik kotoran didalam luasnya samudra kesabaran Allah. Siantara tanda dari al-Wasi' adalah keragaman yang tidak terbatas pada makluk-Nya. Lihatlah bagaimana manusia kaya dan miskinpun diciptakan dari bahan yang sama, tetapi ditak ada sua wajah dan dua suara yang sama.


Keluasan Allah Maha mencakup segalanya. Hal ini dapat dicerminkan di tengah-tengah kita.melalui orang-orang yang berpengetahuan luas, yang banyak memberikan manfaat. Memalalui orang-orang yang sangat kaya dan dermawan, yang mau menolong kaum miskin yang jauh maupun dekat. Melalui orang-orang yang pemurah, lemah lembut, dan sangat sabar, yangluas keadilannya dan memberiakn keyakinan yang amat besar. Demikian juga semua kwalitas baik lainnya, yang mutlak tidak terbatas dalam diri manusia saja melainkan seluruh isi jagat raya ini merupakan tanda keluasaan Allah SWT.

Imam al-Ghozali dalam menjelaskan ayat ini beliau menjelaskan bahwa kata al-Wasi' ini berkaitan dengan ilmu Allah yang meliputi segala sesuatu. Dan juga meliputi segala karunia-Nya. Hal ini sesuai dengan firmannya :

Warohmati wasiatkulla syai'in
(“Rahmat-Ku meliputi segala sesuatu”)
(QS. Al-A'raf:156)

Dengan memperhatikan kontek ayat di atas maka dapat dipahami bahwa Allah Maha Luas Rahmat-Nya yang berarti juga meliputi segala sesuatu, termasuk keluasan ilmu, rizki, ganjaran, dan pengampunan-Nya. Kesemuanya tudak bertepi, panjang tidak berakhir, bahkan petunjuk-petunjuk-Nya pun beraneka ragam tanpa batas. Dialah yang lus ilmu-Nya, yang tidak akan mengalami kekeliruan, tidak juga salah, dan bahkan memberi ilmu, melalui pencarian atau tanpa usaha (wahyu). Yang luas kekuasaan-Nya teteapi tidak akan melakuakan aniaya, tidak juga tergesa-gesa, tidak akan mengecam apalgi menyiksa tanpa sebab yang jelas, bahkan akan memafkan dan menganugrahkan berbagai anugrah. Yang luas dalam pertunjuk-Nya, tidak akan menyesatkan, apalagi menjerumuskan, tetapi membeimbing dengan amat baik menuju apa yang dikehendaki-Nya, bahkan melibihi dari apa yang dikehendaki. Demikian Allah yang maha luas.


HIKMAH AL-WASI'

Dalam meneladani sifat ini, hendaknya manusia memperluas wawasannya dengan pengetahuan dan pengelaman, dan dengan taqwa dan pemaafan. Memperluas tangannya dengan keterbuakaan dan kelapangan. Memperluas tindakannya dengan hikmah dan bijaksana. Orang yang memiliki baban dan tanggung jawab berat yang rasanya tidak dapat di pikul akan memperoleh kekuatan dan keringanan jika mereka teru menerus mambaca nama Allah ini.

Ya Allah Yang Maha Luas anugrah dan pengampunan-Nya,
wahai yang meliputi rahmat dan ilmu-Nya segala sesuatu,
lapangkan untuk kami rizki-Mu, curahkanlah kepada kami berkah-Mu,dan anughahilah kami
dari aneka nikmat-Mu yang engkau ketahuidan mengantar kami kepada ridha-Mu,
serta selimutilah kami dengan pakaian yang melindungi
dari aneka macam cobaan dari segala anugrah-Mu.

No comments: