Sunday, September 13, 2009

RAHASIA KEKUATAN UNTA



"Maka apakah mereka tidak memperhatikan
bagaimana dia diciptakan?....."


Tidak diragukan lagi bahwa semua makhluk, dengan kemampuan mereka, menunjuknan kekuasaan dan pengetahuan tak tebatas dari Pencipta Mereka, Allah menggungkapkan hal ini dalam berbagai ayat AL Qur'an, mengisyaratkan bahwa segala sesuatu yang Di ciptakan sebenarnya sebuah tanda, yaitu lambang dan peringatan.dalam surat Al Ghasiyaah ayat ke-17, Alah Allah merujuk kepada hewan yang akan kita palajari dan pikirkan dengan seksama yaitu unta.







Pada kesempatan kali ini, kita semua akan mempelajari mahluk hidup yang ditunjukkan Allah dalam Al Qur'an, " tidakkah mereka memperhatikan unta; bagaimana mereka diciptakan?"
Yang menjadikan Unta "makhluk hidup istimewa" adalah struktur tubuhnya, yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam paling keras sekalipun. Tubuh Unta memiliki beberapa keistimewaan, yang memungkinkan unta bertahan Hidup berhari-hari tanpa air dan makanan, dan mampu mengangkat bebabn ratusan kilogram selama berhari-hari.
Allah membuktikan bahwa hewan ini (unta) diciptakan khusus untuk daerah yang berkondisi iklim kering, dan bahwa ia disediakan untuk melayani manusia. ini adalah tanda-tanda penciptaan yang nyata bagi orang-orang yang berakal.


"sesungguhnya pada pertukaran malam dan siang itu dan pada yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasan-Nya) bagi orang-orang yang bertakwa"
(QS. Yunus, 10:6)



DAYA TAHAN YANG LUAR BIASA DARI LAPAR DAN HAUS

Unta dapat dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum selama delapan hari pada suhu 50°C. Dan pada masa ini, unta kehilangan 22% dari keseluruhan berat badannya. Sementara manusia akan sekarat bila kehilangan air setara dengan 12% berat badannya, seekor unta kurus dapat bertahan hidup kendatipun kehilangan air setara dengan 40% keseluruhan berat badannya. Penyebab lain kemampuannya bertahan terhadap haus adalah adanya mekanisme yang memungkinkan unta meningkatkan suhu tubuh dalamnya hingga 41°C.




Dengan demikian, unta mampu meminimalisasi kehilangan air dalam iklim yang panas dan ekstrim di gurun pasir pada siang hari. Unta juga dapat mengurangi suhu tubuhnya hingga 30°C pada malam hari yang dingin di gurun pasir.


Unta mampu mengonsumsi air hingga 30 liter, yaitu sekitar sepertiga dari berat badannya, dalam waktu kurang dari 10 menit. Di samping itu, unta memiliki strultur selaput lendir dalam hidungnya yang ukurannya seratus kali lebih besar dari yang ada pada manusia. Dengan selaput lendir hidungnya yang besar dan melengkung, unta mampu menyerap 66% kelembaban yang terdapat di udara.

No comments: