Tuesday, September 29, 2009

KENAPA LAUT DI CIPTAKAN



ALLAH telah mnyatakan dalam Al-Qur'an yang artinya : (Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan, agar kamu dapat memakan dari padanya daging yang segar) sesungguhnya Allah SWT menciptakan laut dan meluaskannya karena sangat besar manfaatnya. Allah menciptakan laut yang merupakan bagian dari bumi yang mengelilingi daratan.


Allah menciptakan lautan sebagai tempat menyimpan berbagai macam kekayaan. Baik yang sudah terditeksi manusia maupun yang belum. Lautan juga menyimpan berbabgai macam aneka permata. Dalam menciptakan laut Allah juga menyimpan bnyak mutiara yang bundar dalam rumah kerang di dasar laut, bagaimana Dia menentukan keberadaan marjan yaitu muatiara yang sangat halus disamping batu-batu besar di dalam lautan. Sebagaiman dalam firman-Nya :
“ dari keduanya keluar mutiara dan marjan” (QS. Ar-Rahman: 22).

Lautan merupakan sarana untuk menyimpan ikan-ikan, dengan berjuta-juta jumlahnya yang setiap hari di tangkap oleh manusia baik dengan cara tradisional atau moderen takkan pernah mengalami kekurangan atau kemusnahan. Kita sering saksikan di tempat-tempat pelelangan ikan di seluruh teminal pelabuhan di muka bumi ini berapa banyak setiap harinya di konsumsi oleh manusia.



Dengan menciptakan laut, maka manusia dapat berlayar dipermukaannya dimana hamba-hamba Allah dapat mengadalkan perjalanan untuk mencari harta dan menyelesaikan segala urusan-urusannya. Hal ini merupakan salah satu tanda dari kekuasan-Nya. Allah menjadikan bahtera agar mereka dapat mengangkut barang bawaan mereka. Manusia dapat berpindah dari satu daerah kedaerah lain yang tidak dapat mereka capai kecuali dengan menggunakan kapal-kapal. Seandainya mereka dapat melakukan perjalanan tanpa bahtera tentunya akan mengalami kesulitan yang sangat besar. Maka dengan kewalesan Allah kapada hamba-Nya ini, Allah ingin memudahkan kepada meraka dalam memindahkan barang-barangnya bahkan antar negara, maka Allah menciptakan kayu-kayu yang dapat di degerakkan oleh udara sehingga terbawa air dan tetap tidak dapat tenggelam.

Pada saat yang sama Allah juga mengirim angin dengan ukuran tertentu dan menjalankan kapal-kapal dari suatu tempat ke tempat lain, lalu Dia memberikan ilham pada pemilik kapal berupa pengetahuan tentang waktu-waktu dan periode-periode angin berhembus sehingga mereka dapat melakukan perjalanan dengan memanfaatkan bantuan angin tesebut. Allah juga menciptakan air yang sangat halus, lembut, dapat mengalir dan menyatu seolah-olah ia merupakan sesuatu yang satu, halus susunannya, sangat cepat untuk terbagi-bagi seolah-olah sesuatu yang terpisah dan sangat cepat dapat terpisah, sehingga kapal-kapal dapat berlayar di atasnya.

Semuanya adalah sebagai bukti yang tampak, petunjuk-petunjuknya saling menguatkan dan tanda-tanda yang teratur di atas dengan keadaan yang sangat nyata, yang menerangkan kesempurnaan kekuasaa-Nya dan keajaiban hikmah-Nya seolah-olah dapat dikatakan : “Tidaklah kita melihat bentuknya, susunannya, ciri-ciri di satu waktu, perubahan dan keadaanku, dan banyak manfaatku ? Apakah seseorang yang memiliki hati yang bersih dan akal yang jernih mereka mengatakan : “ Maha kuasa Allah atas segala penciptaanya dan Maha perkasa atas segalanya”.

No comments: